NAMA : RIZQOTUS SA'DIYAH
PRODI : PBSI 2017 A
NIM : 17188201034
DOSEN PENGAMPU : M.BAYU FIRMANSYAH, S.S, M.Pd
Bab II
Pendekatan psikologi dalam belajar bahasa
Pendekatan psikologi diartikan sebagai asumsi-asumsi teoritis yang diyakini oleh psikologi tertentu yang saling berhubungan yang menyangkut hakikat belajar dan pengajaran pada diri seseorang.
Pendekatan behaviorisme, pandangan kaum behaviorisme tentang belajar dapat dikatakan sebagai proses membentuk asosiasi antara stimulus dan respon secara reflektif, proses belajar akan berlangsung apabila diberi stimulus bersyarat selain itu prinsip belajar pada dasarnya merupakan untaian stimulus respons, pavlov menyangkal adanya kemampuan bawaan.
Pendekatan Kognitivisme, menurut pandangan kaum kognitivisme perspektif bahwa para peserta didik memproses informasi dan pembelajaran melalui upaya mengorganisir, menyimpan dan kemudian menemukan hubungan antara pengetahuan yang baru dengan pengetahuan yang telah ada.
Pendekatan humanisme, pandangan ini lebih memiliki fokus efektif selain itu manusia juga disebut sebagai makhluk yang utuh sebagai makhluk kognitif dan emosional. Guru adalah orang yang mengetahui segalanya diubah pada gagasan bahwa guru adalah fasilitator, proses kognitif tidak terlalu di pedulikan karena jika konteks diciptakan sebagaimana mestinya, pembelajar akan mempelajari sesuatu yang mereka perlukan.
Pandangan konstruktivisme, menurut pandangan kaum konstruktivisme belajar merupakan proses aktif dalam mengkonstruk makna, selain itu belajar juga untuk pembentukan struktur konseptual, pengembangan konsep dan pemahaman mendalam. Dalam hal ini belajar lebih menekankan pada proses bukan hasil, proses mengkonstruk pengetahuan melalui proses asimilasi dan akomodasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar