NAMA : RIZQOTUS SA'DIYAH
PRODI : PBSI 2017 A
NIM : 17188201034
DOSEN PENGAMPU : M.BAYU FIRMANSYAH, S.S, M.Pd
Bab III
Pendekatan linguistik dalam pembelajaran bahasa indonesia
Perjalanan pembelajaran bahasa indonesia tidak dapat dilepaskan dari kurikulum yang pernah berlaku di indonesia dan perkembangan studi linguistik dunia. Seperti pada tahun 1945-1968 yaitu kurikulum pertama yaitu untuk membebaskan pengaruh penjajah belanda dalam proses pembelajaran di sekolah meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama. Baru pada 1975, kurikulum berubah ke PBI yang berbasis pada tujuan, setelah itu berlanjut dengan kurikulum 1984 yang berorientasi pada pokok bahasan, dengan surutnya kurikulum 1984, pemerintah mengganti dengan kurikulum 1994 yang dianggap sebagai kurikulum terbaik karena kurikulum jabaran ini sistematis dan jabaran materinya cukup lengkap. Selanjutnya Kurikulum 2004 yang di susun berdasarkan pendekatan kompetensi. Namun beberapa saat kemudian muncul nama baru yaitu kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang disahkan pada tahun 2006 dengan demikian diberi nama KTSP 2006, setelah KTSP 2006 dipandang perlu di sempurnakan maka pada tahun 2013 diberlakukan kurikulum baru yang disebut kurikulum 2013.
Asumsi linguistik tradisional dalam mengkaji bahasa dapat disebutkan bahwa studi bahasa didasarkan pada studi filsafat, studi bahasa bertolak dari bahasa tulis dan berbahasa harus benar berdasarkan kaidah. Linguistik tradisional berhasil mendeskripsikan ruang lingkup kajian bahasa meliputi fonologi, morfologi, sintaksis dan semantik.
Pendekatan pengajaran bahasa berdasarkan teori pragmatik, sebelumnya menimbulkan pro dan kontra. Pendapat kontra menyatakan bahwa studi bahasa secara pragmatik berada diluar ruang lingkup kajian linguistik, sedangkan bagi kelompok pro, kajian bahasa secara pragmatik merupakan bagian dari kajian bahasa secara linguistik. Dari pendapat yang pro dan kontra tersebut, mengatakan bahwa kajian bahasa secara pragmatik merupakan bagian dari kajian linguistik. Kedua nya sama-sama mengkaji bahasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar