NAMA : RIZQOTUS SA'DIYAH
PRODI : PBSI 2017 A
NIM : 17188201034
DOSEN PENGAMPU : M.BAYU FIRMANSYAH, S.S, M.Pd
BAB 9
PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA
Istilah komunikatif dalam pengajaran bahasa (PB) muncul pertama kali dalam makalah willkins (1972) dengan judul grammatical, situational and national syllabus yang disampaikan dalam konferensi linguistik terapan di copenhagen. Sejak itu kepopuleran pengajaran bahasa secara komunikatif (PBK) menyebar keseluruh penjuru dunia dan mampu menggoyahkan konsep pengajaran bahasa yang dikembangkan oleh kaum struktural.
Di balik kedahsyatan konsep PBK dan kemampuan mencabik-cabik konsep kaum struktural yang telah mapan puluhan tahun, ternyata masih menimbulkan pertanyaan yang sampai sekarang belum mendapat keseragaman jawaban. Istilah kompetensi dari chomsky diartikan sebagai pengetahuan pembicara atau pendengar terhadap bahasanya. Dengan kata lain kompetensi adalah apa yang diketahui oleh si pemakai bahasa.pendapat chomsky ini kemudian meluas dan merambah keberbagai arah dan menimbulkan pro-kontra. Anthony menyatakan bahwa pendekatan adalah seperangkat asumsi yang saling berhubungan yang mengangkut hakikat bahasa, pengajaran bahasa, dan belajar bahasa. Metode adalah rancangan menyeluruh untuk menyajikan secara sistematis materi bahasa sehingga tidak ada bagian-bagian yang saling bertentangan karena semua rancangan telah didasarkan pada satu pendekatan tertentu.
Karena silabus disusun berdasarkan tindak bahasa maka akan terjadi pencampuradukan unsur-unsur tata bahasa sehingga silabus itu tidak terdapat pengurutan butir tata bahasa mana yang mudah untuk didahulukan dan mana yang sukar untuk dikemudiankan. Pertimbangan utama penyusunan silabus adalah kemampuan komunikatif yang bagaimana yang diperlukan pembelajar. Hal ini membutuhkan keahlian penyederhanaan berbagai fungsi komunikatif. Oleh karena itu, ada beberapa penyederhanaan fungsi komunikatif bahasa yang dapat digunakan untuk penyusunan silabus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar