NAMA : RIZQOTUS SA'DIYAH
PRODI : PBSI 2017 A
NIM : 17188201034
DOSEN PENGAMPU : M.BAYU FIRMANSYAH, S.S, M.Pd
Bab 7
Analisis kesalahan dalam pembelajaran bahasa
Kesalahan berbahasa adalah penyimpangan kaidah dalam pemakaian bahasa. Kesalahan berbahasa dapat terjadi pada anak kecil maupun orang dewasa. Jika kesalahan itu dilakukan oleh anak kecil yang sedang dalam proses menguasai B1 biasanya disebut errors (silap). Sementara itu, jika penyimpangan dilakukan oleh orang dewasa (yang sudah dianggap menguasai bahasa pertama) disebut mistake (kesalahan).
Bahasa antara bukan kesalahan berbahasa, bahasa antara merupakan bahasa yang dihasilkan oleh seseorang yang sedang dalam proses menguasai bahasa kedua. Ciri utama bahasa antara adalah adanya penyimpangan sturktur lahir dalam bentuk kesilapan berbahasa. Kesilapan-kesilapan ini bersifat sistemis dan terjadi pada setiap orang yang berusaha menguasai bahasa kedua.
Sebab terjadinya kesalahan dalam proses balajar bahasa, proses sentral adalah proses belajar bahasa kedua atau bahasa asing yang terjafi pada sistem kognisi pembelajaran. Sistem kognisi berkembang sesuai dengan tahap perkembangan pikiran.
Langkah analisis kesalahan berbahasa, secara teoritis AKS dapat dipakai untuk menganalisis bahasa pembelajaran dengan tujuan untuk mendiagnosis kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh pembelajar dalam proses menguasai B2.
Menurut corder 1971 mengemukakan bahwa terdapat tiga tahap untuk AKS. Pertama, tahap mengenal kalimat-kalimat idiosinkretik. Kedua, mendeskripsikan bahasa antara berdasarkan pasangan-pasangan kalimat yang baik dan jelek strukturnya diatas tadi. Ketiga, adalah penjelasan.
Implikasi AKS dalam PBI, analisis kesalahan serta berbagai sebab terjadinya kesalahan dapat diterapkan untuk meningkatkan keberhasilan pencapaian tujuan pengajaran bahasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar