Kamis, 06 Desember 2018

Resume bab 11 menemukanntexstual teaching end learning dalam pbi

NAMA : RIZQOTUS SA'DIYAH
PRODI : PBSI 2017 A
NIM : 17188201034
DOSEN PENGAMPU : M.BAYU FIRMANSYAH, S.S, M.Pd

Bab 11

menemukanntexstual teaching end learning dalam pbi

CTL (contexstual teaching ead learning) atau belajar dan mengajar berdasarkan pendekatan kontekstual pembelajaran yang merujuk pada keseluruhan situasi, latar belakang, atau lingkungan yang berhubungan dengan diri pembelajar. Pembelajaran secara kontekstual tidak sekadar agar pembelajar memahami konsep-konsep teoritis tetapi menjadikan pembelajar mempu menerima tanggung jawab atas keputusan dan perilaku sendiri, mampu menilai berbagai alternatif yang mungkin, mampu membuat pilihan, mampu mengembangkan rencana, mampu menganalisis informasi, mampu menciptakan solusi dan mampu menilai bukti-bukti secara kritis.
Pembelajaran bahasa indonesia dewasa ini memperkenalkan berbagai pendekatan, yaitu pendekatan komunikatif, pendekatan konstruktuvisme, pendekatan CTL. Pemikiran kritis adalah pemikiran yang mampu berfikir secara sistematis  untuk menemukan kebenaran dengan mengevaluasi  bukti-bukti, asumsi, logika, dan bahasa orang lain yang mendasari pernyataan orang lain tersebut. Pemikir kreatif adalah memikir yang mampu mempraktikkan asosiasi dan imajinasi secara bebas dalam menemukan cara baru untuk memecahkan masalah. Ada beberapa hal yang perlu dikembangkan agar CTL mampu mencapai keberhasilan balajar dengan standar tinggi yaitu seperti, prinsip saling ketergantungan, prinsip belajar mandiri dan kerja sama, prinsip kebermaknaan dalam balajar, prinsip perpikir kritis dan kreatif, prinsip penilaian secara autentik.
Agar pembelajar dapat mencapai kompetensi maksimal, pengajar dapat melakukan berbagai usaha dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai materi, metode, teknik, strategi dan media untuk menunjang proses belajar-mengajar antara pengajar dengan pembelajar  melalui materi. Desain pembelajaran secara kontekstual tersebut dapat dirancang dengan memperhatikan komponen pembelajaran sebagai berikut. Pemilihan materi, metode pembelajaran, teknik pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran, interaksi belajar mengajar, penilaian hasil belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar