Rabu, 12 Desember 2018

Resume pendekatan, metode, teknik, dan strategi pembelajaran bahasa indonesia

NAMA : RIZQOTUS SA'DIYAH
PRODI : PBSI 2017 A
NIM : 17188201034
DOSEN PENGAMPU : M.BAYU FIRMANSYAH, S.S, M.Pd

Bab 13

PENDEKATAN, METODE, TEKNIK, DAN STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Terkadang guru-guru masih sering dibingungkan dengan permasalahan istilah pendekatan, metode, teknik dan strategi pembelajaran. Agar keruwetan itu dapat diselesaikan dan tidak menghambat tugas guru, secara sederhana akan dijelaskan. Untuk mempermudah para guru, yang pertama yaitu masalah pendekatan, pendekatan adalah asumsi teoritis yang berkaitan dengan hakikat bahasa, belajar bahasa dan pengajaran bahasa misalnya, hakikat bahasa dapat diartikan sebagai simbol-simbol bunyi yang bersifat arbitrer dan konversional. Yang kedua masalah metode, meAgar adalah rancang bangun pembelajaran yang satu sama lain tidak saling bertentangan untuk mencapai suatu tujuan. Yang ketiga masalah teknik, teknik adalah cara bagaimana seseorang melewati jalan yang sudah di pilih berdasarkan suatu asumsi tertentu, selain itu teknik bisa juga disebut sebagai cara bagaimana suatu tujuan dapat dicapai. Yang keempat masalah strategi, strategi adalah siasat untuk mencapai tujuan.
Komponen utama dalam PBI adalah guru, pembelajar, dan materi. Artinya, PBI yang utama adalah guru mengajarkan materi kepada pembelajar. Agar materi dapat diserap oleh pembelajar, guru berusaha semaksinal mungkin agar pembelajar "tahu, mampu, mahir berbahasa". Beberapa metode yang dapat dikategorikan  sebagai metode PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Menyenangkan)adalah sebagai berikut. Yang pertama metode kooperatif, kooperatif secara harfiah diartikan bekerja sama. Jadi metode kooperatif adalah jalan untuk mencapai tujuan dengan cara bekerja sama antara pembelajar satu dengan pembelajar yang lain. Agar metode kooperatif dapat diterapkan secara baik, teknik pembelajaran harus dikelolah dengan benar, ada beberapa teknik untuk menerapkan metode kooperatif yaitu mencari pasangan, bertukar pasangan, jigsaw paired storytelling. Yang kedua yaitu metode pembelajaran berbasis masalah (PBM), terdapat langkah-langkah yang harus dirancang untuk metode PBM, yang pertama, menentukan sasaran dan tujuan. Yang kedua yaitu memilih masalah secara tepat beserta situasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar